15 Juli 2020

Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri (Div TIK Polri) melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi TIK Polri T.A. yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 29-31 Maret 2017 bertempat di Rupatama Mabes Polri dan Hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Rakernis Fungsi TIK merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Div TIK Polri setiap tahunnya dengan agenda membahas hal-hal teknis yang berkaitan dengan fungsi TIK Polri. Peserta dari Rakernis Fungsi TIK adalah 33 Polda (Kabid TI beserta Staf), pengemban fungsi TIK Satker Mabes, dan peserta dari Div TIK Polri. Serta konsultan MPTI yaitu Rico Sugiyono, Romi Syaf Putra, Melisa Budiasih, dan Arrazaq Zakaria turut pula diundang dalam Rakernis sebagai konsultan pendamping dalam Rakernis Fungsi TIK Polri.

Rakernis Fungsi TIK Polri T.A. 2017 mengambil tema “Optimalisasi Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri untuk Mendukung Pelayanan Publik yang lebih Mudah dan Berbasis IT Guna Terwujudnya Polri yang Promoter”. Pembukaan Rakernis berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri dan dibuka langsung oleh Kapolri. 

Pelaksanaan Rakernis Fungsi TIK secara keseluruhan diisi dengan pembekalan dari internal dan eksternal Polri, serta diisi dengan diskusi panel. Pembekalan dari internal Polri diisi oleh penceramah dari Irwasum Polri, Asrena Kapolri, Kadiv TIK Polri, Asops dan Karodalops, dan Ka LSP Lemdiklat Polri. Sedangkan untuk pembekalan dari eksternal Polri diisi oleh Ir. Onno Widodo Purbo, M. Eng., Ph.D selaku pakar teknologi informasi Indonesia. Diskusi panel hari kedua membahas tentang cybercrime dan pelayanan publik. Hari terakhir Rakernis diisi dengan kunjungan peserta ke Data Center Polri yang ada di Cikeas, Bogor.

oleh: Melissa B.

Contact Us